Empat BUMN Jadi Perusahaan Terbaik Dunia Versi Forbes

Empat BUMN Jadi Perusahaan Terbaik Dunia Versi Forbes

BUMN.INC, Empat Badan Usaha Milik Negara masuk dalam jajaran 200 perusahaan terbaik di dunia dari sisi lingkungan kerja atau "Global 2000 - World's Best Employers" versi majalah Forbes.

Keempat BUMN itu adalah PT Bank Mandiri Persero di peringkat 11, PT Telkom Indonesia Persero Tbk di peringkat 112, PT Bank Negara Indonesia Persero Tbk di peringkat 157 dan PT Bank Rakyat Indonesia Persero Tbk di peringkat 186, menurut data di laman resmi Forbes, yang dilansir di Jakarta, Rabu (24/10/2018).

Dalam keterangan Forbes, majalah ekonomi terkemuka dunia itu bersama Statista, menganalisis 500 perusahaan internasional.

Bank Mandiri menjadi wakil Indonesia dengan peringkat tertinggi dari 500 perusahaan tersebut, bersanding dengan perusahaan terkemuka global seperti Alphabet (Amerika Serikat/AS), Microsoft (AS), Apple (AS), Walt Disney (AS) hingga BMW Group (Jerman).

"Pengembangan karyawan menjadi bagian dari fokus strategis manajemen. Kami percaya karyawan yang bekerja dengan senang, dekat dan produktif adalah kunci keberhasilan manajamen dalam jangka panjang," kata Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo.

Dalam analisis ini, menurut keterangan Forbes, para karyawan dimintai menilai perusahaan di mana mereka bekerja dan apakah mereka akan merekomendasikan perusahaan tersebut kepada teman atau keluarganya. Mereka juga diminta merekomendasikan perusahaan lain yang dipandang memiliki rekam jejak dan lingkungan kerja yang bagus.

Riset ini mendapat rekomendasi sebanyak 430.000 perusahaan dari seluruh dunia. Survei tersebut menekankan pada apakah perusahaan tersebut memiliki lingkungan kerja yang ramah dan sebesar besar keberagaman para pegawai di perusahaan itu.

Bank Mandiri memiliki 38.300 karyawan dengan nilai di pasar modal 24,1 miliar dolar AS. Sedangkan Telkom yang berada di peringkat 112 dunia memiliki pegawai sebanyak 24.065 dengan nilai penjualan mencapai 9,6 miliar dolar AS dan nilai di pasar modal sebesar 25,8 miliar dolar AS.

Sementara BNI berada di peringkat 157 dunia memiliki pegawai sebanyak 27.083 pegawai dengan nilai penjualan mencapai 4,9 miliar dolar AS dan nilai di pasar modal sebesar 11,1 miliar dolar AS.

Kemudian BRI berada di peringkat 186 dunia memiliki 60.683 pegawai dengan nilai penjualan mencapai 9,3 miliar dolar AS dan nilai pasar modal sebesar 27,7 miliar dolar AS. ###